Apa selanjutnya untuk Adblock Plus dan Platform Iklan yang Dapat Diterima?

Image result for google adwords logo adblock

jasa adwords

 

Adblock Plus membuat pengumuman besar minggu lalu bahwa itu akan menciptakan platform RTB sendiri dan masuk ke bisnis iklan.

Layanan baru Adblock Plus disebut ‘Platform Iklan yang Dapat Diterima’. Ini adalah evolusi alami dari ‘Inisiatif Iklan Berterima ”- efektif bekerja sebagai SSP (Supply Side Platform).

Ia berharap ini akan memantapkan dirinya sebagai pemain penting dalam ekosistem teknologi periklanan.

Namun hanya 24 jam kemudian rencana-rencana itu tampak bangkrut.

Adblock Plus (ABP) memiliki basis pengguna dan produk yang mengesankan, jadi apa yang menahannya? Kami akan melihat apa yang terjadi setelah pengumuman dan implikasinya bagi penayang dan pengiklan.

adblock-plus
Adblock Plus dan minggu roller-nya

Dari asalnya, ABP telah membuat penerbit dan pengiklan frustrasi. Adblockers mulai keluar sebagai aktivitas esoteris, tetapi telah menjadi lebih utama, menarik 26% dari semua orang dewasa di AS (emarketer 2015), didukung oleh serapan cepat di Asia, dan seluler (dipercepat oleh rilis iOS 9 Apple Juni lalu yang memungkinkan plug-in browser di perangkat seluler).  Jasa Adwords

Pada hari Selasa di konferensi DMEXCO, ABP mengumumkan niatnya untuk menjadi pemain dewasa di industri teknologi iklan global. Hari ini mimpi itu tampaknya telah dibatalkan oleh dua raksasa teknologi yang ABP telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menggerogoti.

Karena ABP secara historis tidak memiliki hubungan yang baik dengan banyak penerbit, ABP telah bermitra dengan perusahaan teknologi iklan Israel bernama Combotag yang memiliki jaringan penerbit yang mapan.

Combotag melihatnya bermanfaat bagi pengguna web untuk dapat memiliki iklan berkualitas lebih baik dan pengalaman web yang ditingkatkan.

Kemitraan dengan Combotag memungkinkan penerbit dan blogger online untuk memilih dari “pasar iklan pra-daftar putih” untuk disajikan di situs mereka.

Pihak lain di meja adalah para pengiklan, dan Combotag memiliki hubungan yang sudah ada dengan Google dan AppNexus untuk melayani iklan yang dibeli melalui DSP (Demand Side Platform) mereka.

Secara teori ini harus memungkinkan penerbit untuk memonetisasi inventaris iklan yang diblokir, dan memungkinkan pengiklan untuk menjangkau pengguna yang biasanya tidak dapat dijangkau dan ABP mengambil potongan mereka di sepanjang jalan.  Jasa iklan Google

Dalam beberapa jam setelah pengumuman, Google dan AppNexus menghentikan hubungan mereka dengan Combotag dan telah menyatakan kebencian mereka terhadap model tersebut dengan Google mengatakan,

“Pemblokiran iklan adalah gejala dari iklan yang buruk secara online dan itulah sebabnya kami percaya bahwa industri harus selaras dengan standar yang didukung oleh data dan wawasan dari percakapan dengan konsumen nyata – untuk apa yang merupakan pengalaman iklan yang lebih baik secara online.”

Appnexus juga tidak menarik pukulan:

“AppNexus tidak berfungsi dengan perusahaan seperti Eyeo; kami menganggap praktik bisnis mereka sebagai hal yang sangat berbahaya bagi ekosistem. Pada dasarnya, Eyeo, melalui produk Adblock-nya, mendirikan gardu tol di jalan umum dan singgah dari iklan dolar yang seharusnya langsung masuk ke penerbit. Kami menganggap praktik itu rendah. ”

Dengan 500 m unduhan di seluruh dunia, ABP mengklaim mandat untuk bertarung atas nama pengguna untuk mendapatkan pengalaman web yang lebih baik untuk semua.

ABP masih terlibat dalam perlombaan senjata dengan Facebook, yang terus mencoba untuk menghindari ABP dan pada dasarnya memblokir mereka, diikuti dengan langkah-langkah balasan dari ABP.

adblock plus ilustrasi video

ABP telah mencoba mengambil landasan moral dengan mengklaim bahwa Facebook adalah ‘anti-pengguna’. Tetapi sulit untuk mengambil posisi moral yang tinggi dan berbicara tentang menempatkan kebutuhan pengguna terlebih dahulu ketika banyak pengguna mereka melihat langkah terbaru ini secara efektif merusak raison d’etre ABP sendiri, “Jadi, program yang seharusnya memblokir iklan akan untuk menampilkan iklan…. Ini akan dihapus instalasinya ”(Komentar di blog ABP).

Upaya lebih lanjut untuk mengkomersilkan platform mereka dengan menjual iklan hanya dapat mengasingkan basis mereka lebih jauh, dan berdampak negatif terhadap pertumbuhan pengguna yang sedang berlangsung. Setelah kesal Google dan Facebook, yang bersama-sama mengendalikan dua pertiga dari inventaris iklan dunia, tidak jelas kemana ABP akan pergi dari sini.

Di atas kertas ABP memiliki beberapa aset berharga, seperti:

Lebih dari 500 juta unduhan – meskipun proporsi berapa pengguna aktif tidak jelas.
Nama merek yang diakui secara internasional yang identik dengan kategori produk.
Harta harta karun berupa data tentang bagaimana perilaku pengguna.

Jika saya adalah investor di Eyeo, perusahaan Jerman di belakang ABP yang didirikan pada tahun 2011, saya ingin melihat rencana yang menunjukkan cara memulai monetisasi tahun ini.

Tidaklah murah untuk melawan semua pertempuran hukum dengan penerbit, atau terus-menerus mengembangkan rilis baru untuk menangkal tindakan pemblokiran dari penerbit dengan kantong yang lebih dalam seperti Facebook.

Sebagai akibatnya, ABP berupaya menjangkau Penerbit dan Pengiklan dengan bahasa dan peluang yang lebih damai untuk berpartisipasi melalui Iklan yang Dapat Diterima.

Artikel terkait
Kecerdasan buatan untuk pemasar
Akhir dari DoubleClick dan Adwords? Google menyederhanakan pencitraan mereknya dengan Iklan Google, Platform Pemasaran, dan Manajer Iklan.