Cara Pembuatan Kerajinan Fiberglas yang Simple dan Mudah

Fiberglass merupakan salah satu bahan dasar pembuatan kerajinan yang dibentuk menjadi berbagai macam yang memiliki keunikan dan khas tersendiri. Fiberglas berasal dari kaca yang dicairkan kemudian dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan dengan ukuran berbeda dan tampilan uniknya. Kerajinan fiberglass dibentuk dari berbagai macam bahan kimia yang kemudian dibentuk sebelum menjadi keras.

Cara Pembuatan Kerajinan Fiberglas

Sekarang ini, sudah banyak sekali pengrajin fiberglas yang memiliki keahlian sehingga hasil polesannya begitu menarik para pembeli. Berbagai macam bentuk seperti patung, aksesoris, gantungan kunci, hiasan dinding, dan lainnya dapat dibentuk dari bahan fiberglas ini.

Membuat Kerajinan Fiberglass dengan Mudah

Bisnis kerajinan fiberglas ini cukup menjanjikan dan sudah mulai banyak peminatnya. Bagi anda yang juga tertarik mencoba membuat kerajinan fiberglas ini dapat mengikuti cara berikut ini.

1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk pembuatan kerajinan. Bahan yang dibutuhkan yaitu resin, katalis, material isian, serat kaca, pewarna, dan aksesoris tambahan lain, soda api, dan air bersih. Sedangkan untuk alat yang akan digunakan berupa pengaduk, cetakan, kuas, amplas.

2. Proses pembuatan kerajinan

  • Menyiapkan cetakan sesuai dengan keinginan bentuk yang ingin dibuat.
  • Membuat adonan resin dengan bahan isian dan katalis sesuai takaran
  • Kalau adonan siap, tuanglah adonan di cetakan sampai penuh. Untuk memperkuat adonan bisa ditambahkan dengan serat kaca.
  • Kaluarkan resin yang sudah kering dari adonan lalu rendam dalam soda api atau bisa menggunakan deterjen selama 30 menit.
  • Haluskan permukaanya menggunakan amplas
  • Beri warna supaya menarik. Dapat dengan pengecatan atau membuat adonan kedua
  • Kerjinan yang sudah jadi dapat dipasang atau digunakan hiasan sesuai dengan fungsinya.

Cukup mudah cara pembauatan kerajinan ini, bahan yang digunakan pun mudah ditemui. Selamat mencoba membuat kerajinan fiberglas yang simpel dan sederhana. Siapa tahu kalau anda berbakat dalam bisnis kerajinan dan kreatif dalam pembuatan berbagai macam bentuk untuk hiasan berbahan fiberglas ini. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.