Ini Dia Beberapa Tahapan Penanganan Alergi

Apa itu alergi? Alergi dapat diartikan sebagai keadaaan dimana tubuh kita peka terhadap sesuatu yang memicu alergi atau biasa disebut dengan alerger. Alergi ini ada yang tidak berbahaya, namun ada juga yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Penyebab alergi sendiri ada banyak macamnya, bisa saja alergen adalah hewan, makanan, atau suatu zat yang terdapat dalam makhluk hidup atau benda. Bagi anda yang mengalami alergi, disarankan untuk menghindari hal alergen agar tidak terjadi reaksi yang membuat anda merasa sakit. Reaksi alergi yang terjadi juga banyak macamnya, bisa bentol-bentol, sesak nafas, pusing, bersin, dan lain sebagainya.

Sebenarnya alergi ini lebih seperti penyebab penyakit yang hanya kumat jika mendekati atau mengkonsumsi alergen. Salah satu bentuk alergi yang paling sering kita temui adalah alergi terhadap debu. Mungkin alergi ini adalah alergi yang paling umum. Hampir seperti gejala pilek, reaksi seorang yang mengalami alergi terhadap debu mungkin awalnya akan bersin jika terkena debu. Bedanya, seorang yang memiliki alergi bisa saja mengalami reaksi lain yang lebih berbahaya jika tidak segera ditangani. Alergi ini dapat kita ketahui saat kita mengalami reaksi alergi karena tidak semua orang memiliki alergi. Sayangnya jika penanganan yang diberikan saat reaksi alergi terjadi tidak tepat, ada kemungkinan reaksinya dapat bertambah buruk. Jika ingin mengetahui apakah kita memiliki alergi terhadap sesuatu, kita bisa mencoba tes alergi yang dapat dilakukan di laboratorium tes alergi atau rumah sakit.

Jika anda memiliki alergi, sebaiknya anda mengetahui beberapa cara mengatasi alergi untuk mencegah maupun mengobati adanya reaksi alergi. Berikut beberapa tahapan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi:

  • Menghindari alergen

Seperti yang telah dibahas di atas, alergen merupakan hal yang memicu alergi sehingga untuk mengatasi terjadinya reaksi alergi maka sebisa mungkin anda harus menghindari alergen. Mislanya saja anda alergi terhadap kacang, maka anda tidak boleh makan segala bentuk kacang termasuk olahan kacang seperti selai maupun makanan lain yang didalamnya terdapat campuran kacang.

  • Mengkonsumsi Obat

Cara lain untuk mengatasi alergi adalah dengan mengkonsumsi obat alergi Antihistamin ataupun Steroid. Jika Antihistamin berfungsi untuk menghentikan reaksi alergi yang terjadi, maka steroid berguna untuk mensimulasi efek hormon. Simulasi efek hormon ini biasanya digunakan untuk membantu pertumbuhan jaringan.

  • Spesialis

Cara terakhir untuk mengatasi adanya alergi adalah dengan berkonsultasi dan melakukan perawatan dengan bantuan spesialis. Ada beberapa pilihan spesialis yang dapat anda jadikan pilihan dalam mengatasi alergi diantaranya yaitu dokter khusus alergi dan imunologi. Dokter khusus lebih tahu bagaimana caranya mengatasi alergi yang mungkin anda derita. Tugas mereka adalah memberikan pengobatan dalam hal alergi sekaligus gangguan sistem pada kekebalan tubuh. Spesialis lainnya yaitu PCP atau penyedia perawatan primer yang dapat membantu mencegah, mendiagnosis, serta mengobati berbagia penyakit termasuk yang disebabkan alergi. Jika sudah terjadi reaksi alergi yang berbahaya, mungkin anda bisa melakukan pengobatan di dokter pengobatan darurat.

Selain tahapan di atas, berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi reaksi alergi yang terjadi. Setiap orang yang memiliki alergi mengalami reaksi alergi yang berbeda, oleh sebab itu ada beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk berbagai resksi berbeda.

  • Suntikan Epinefrin

Epinefrin merupakan suntikan penenang yang biasanya diberikan untuk penderita alergi obat. Suntikan epinefrin ini hanya salah satu upaya untuk menenangkan penderita alergi, dan untuk penanganan yang lebih baik sebaiknya pasien yang mengalami reaksi alergi segera ditangani dokter agar diberikan beberapa tindakan.

  • Jahe

Ada juga obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi terjadinya reaks alergi yaitu dengan jahe. Obat alami dari jahe ini bermanfaat untuk penghangat tubuh serta pereda tenggorokan yang biasa disebabkan oleh alergi obat.

  • Lotion anti gatal

Beda halnya dengan alergi gatal yang bisa anda atasi dengan menggunakan lotion anti gatal pada bagian tubuh yang mengalami reaksi alergi. Obat ini digunakna untuk reaksi alergi yang terjadi di luar tubuh.

  • Daun Pegagan

Obat alami lainnya adalah dengan menggunakan daun pegagan yang dapat dipakai untuk mengatasi alergi obat. Cara pemakaian daun pegagan ini adalah diminum air rebusannya yang merupakan campuran dengan bawang putih. Air rebusan daun pegagan ini dapat berguna dalam menagtasi reaksi alergi yang biasanya menyerang paru-paru.

Alergi adalah hal yang menyebabkan perubaha/gangguan pada bagian luar tubuh maupun tubuh bagian dalam yang untuk itu cara mengatasinya berbeda-beda. Jika anda memiliki alergi dan belum tahu bagaimana mengatasinya, sebaiknya anda berkonsultasi dulu kepada dokter agar saat terjadi reaksi alergi dapat dilakukan penanganan yang tepat.