Kebijakan yang Dapat Mendukung Industri Manufaktur di Indonesia

Kebijakan yang Dapat Mendukung Industri Manufaktur di Indonesia

 

Pada zaman krisis moneter yang melanda di tahun 90-an, banyak industri manufatur di Indonesia yang gulung tikar. Namun, kini semua itu sudah mulai berangsur membaik.

 

Geliat industri di Indonesia memang sedang mengalami pergerakan yang positif. Berbagai sektor ekspor mulai ramai dilirik oleh buyer dari perusahaan asing. Salah satu industri di Indonesia yang sedang mengalami kemajuan yang pesat adalah industri manufaktur. Industri ini memang sudah eksis di Indonesia sejak zaman orde baru.

 

Seiring dengan perkembanga zaman, industri manufaktur terkadang juga mengalami masa pasang dan surut. Artikel kali ini akan membahas tentang kebijakan yang dapat mendukung industri manufaktur di Indonesia. Bagi anda yang ingin mengetahuinya dengan jelas, berikut uraiannya.

 

Kebijakan yang pertama adalah membantu industri kecil melalui perluasan jaringan bisnis. Kebijakan yang kedua adalah memperkuat perkembangan industri regional.

 

Kebijakan yang ketiga adalah peningkatan dana penelitian dan pengembangan.

 

Kebijakan yang kelima adalah menyediakan informasi dan praktek-praktek bisnis terbaik dunia. kebijakan yang keenam adalah mendorong inovasi melalui hibah-hibah dana terbatas namun berhasil guna untuk menjalin hubunganj yang lebih baik. kebijakan yang ketujuh adalah menetapkan target produktivitas nasional, ekspor dan pangsa pasar pada perdagangan dunia.

 

Kebijakan yang kedelapan adalah mengelola bang pengembangan industri bisnis yang berfungsi sebagai media pengembangan industri berprospek nasional maupun internasional. Kedelapan kebijakan ini sangat membantu perkembangan industri manufaktur tanah air.

Baiklah, itulah sekelumit informasi tentang kebijakan yang dapat mendukung industri manufaktur di Indonesia yang berhasil di himpun khusus untuk anda. Sektor industri manufaktur memang memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan bangsa. Hal ini berkaitan dengan fungsinya yang juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

 

Bayangkan jika industri manufaktur mengalami kebangkrutan, maka akan banyak pekerja yang mengalami PHK. Dengan sendirinya ini akan berdampak negatif karena dapat menambah jumlah pengangguran.

 

Oleh sebab itu, marilah gunakan produk dalam negeri.

 

Karena, ini dapat membantu perekonomian negara, terutama melalui industri manufaktur. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan salam sukses.