Mari Belajar Memahami Umur Kandungan

Memahami Umur Kandungan Bagi pasangan suami isteri, tentu proses kehamilan menjadi suatu hal yang sangat dinanti – nantikan. Ya kehamilan merupan suatu perwujudan dari  buah cinta dan kasih sayang  antara suami istri yang akan melengkapi kebahagiaan rumah tangga.

Nah, bagi anda calon Ibu terutama bagi calon ibu muda dan masih awal mengalami kehamilan, tentu memahami umur kandungansangat penting diketahui bukan?

Proses kehamilan di lalui ibu hamil selama 9 bulan dan dengan waktu yang tidak singkat tersebut banyak para ibu melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan agar kandungan mereka tetap sehat dan kuat hingga proses persalinan.

Memahami Usia Kandungan

Memahami Usia Kandungan

Nah, disaat anda hamil tentu anda tetap perlu menjaga kesehatan tubuh dan bayi dengan cara mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dan juga anda harus mencari informasi kehamilan dari berbagai pihak agar janin di kandungan anda tersebut sehat dan prses persalinanya pun lancar ya. Ketika anda hamil anda bisa melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan terdekat untuk memahami umur kandungan anda tersebut.

Seringkali ibu hamil tidak mengetahui secara pasti berapa usia kehamilannya. Ini dapat dimaklumi, mengingat waktu terjadinya pembuahan sering tidak dapat diketahui secara pasti. Nah berbicara mengenai menghitung usia kandungan, perlu anda ketahui Usia kehamilan bayi adalah 40 minggu atau 280 hari di hitung sejak hati terakhir berhenti haid, untuk itu biasanya dokter kandungan atau bidan lebih memilih menghitung menggunakan hitungan minggu karena dengan menggunakan hitungan minggu akan lebih akurat dan tepat.

Untuk memahami umur kandungan tersebut, secara medis ada cara-cara tertentu untuk mengetahui usia kehamilan walaupun hanya perkiraan. Nah, untuk mengetahui kehamilan anda tersebut, anda bisa menggunakan Ukuran Sentimeter.

Perlu anda ketahui, Apabila jarak dari tulang kemaluan sampai puncak rahim anda menunjukkan lebih kurang 25 cm, berarti usia kehamilan 28 pekan (kira-kira 7 bulan). Nah, berbeda lagi jika Apabila jarak antara tulang kemaluan sampai puncak rahim ana 27 cm, maka usia kandungananda  lebih kurang 32 pekan (kira-kira 8 bulan).

Sedangkan jika jarak tersebut terukur 30 cm, maka usia kandungan anda sudah menunjukkan umur 36 pekan (kira-kira 9 bulan). Dan perlu anda ketahui juga  jika calon ibu sudah mulai dapat merasakan gerakan janin, diperkirakan usia kehamilan mencapai 18 pekan atau kira-kira 4,5-5 bulan. Namun berbeda lagi  jika anda sudah mengalami  kehamilan kedua, gerakan janin tersebut  sudah terasa pada usia kehamilan 16 pekan.