Pengertian Geografi Secara Umum Maupun Menurut Para Ahli

Geografi adalah sebuah ilmu yg menilik tentang lokasi serta persamaan atau perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia yg berada pada atas permukaan bumi. Geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo (“Bumi”) dan graphein (“menjelaskan”atau “tuliskan”).

Geografi jua dijadikan menjadi nama judul kitab yang bersejarah yang terkenal yaitu Geographia goresan pena berdasarkan Klaudios Ptolemaios pada abad ke 2.

Geografi lebih berdasarkan sekedar kartografi, studi tentang peta. Geografi bukan hanya menjawab apa & dimana di atas muka bumi, tetapi jua mengapa di situ, serta tidak di loka lainnya, kadang dapat diartikan menggunakan “lokasi dalam ruang”.

Geografi menyelidiki hal tadi, baik yg disebabkan lantaran alam ataupun insan. Geografi pula menilik dampak yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi tersebut.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Sebelum memasuki pengertian ini. Pengertian geografi menurut para ahli termasuk ada keterkaitan dengan pengertian komunikasi menurut para ahli. Ko bisa? Yup karena ada halnya saling berhubungan kontak dengan antara indivudu maupun kelompok.

Komunikasi menurut para ahli juga mempunyai hal dalam penelitian seperti para pakar di bawah ini

Erastothenes

Geografi berasal berdasarkan istilah geographica yg berarti penulisan atau penggambaran tentang bentuk muka bumi

Claudius Ptolomaeus

Geografi adalah suatu penyajian melalui peta berdasarkan sebagian dan selruh bagian atas bumi

Karl Ritther (1859)

Geografi merupakan suatu telaah mengenai bumi sebagai tempat hayati manusia. Studi geografi dapat meliputi berbagai macam fenomena yang terdapat di permukaan bumi, baik itu alam organik maupun alam anorganik yg masih terkait menggunakan kehidupan insan, termasuk kegiatan insan itu sendiri jua dibahas.

Lobeck (1939)

Geografi merupakan suatu studi yg membahas mengenai hubungan–hubungan yg terdapat pada antara kehidupan dengan lingkungan fisik.

Frank Debenham (1950)

Frank Debenham berpendapat bahwa geografi merupakan ilmu yang memiliki tugas untuk mengadakan penafsiran mengenai persebaran berita, menemukan interaksi di antara kehidupan insan menggunakan lingkungan fisik, serta menyebutkan kekuatan hubungan antara manusia dan alam. https://www.jualkolamterpal.co/

Alexander (1958)

Menurut Alexander, Geografi adalah sebuah studi tentang impak lingkungan alam terhadap berbagai kegiatan insan. Dalam pandangan Alexander tersebutlah mulai dibahas tentang interaksi timbal kembali yang terjadi antara kegiatan insan serta pengaruhnya yang terjadi terhadap lingkungan alam.

Von Rithoffen

Geografi adalah studi mengenai gejala dan sifat-sifat permukaan bumi bersama penduduknya yg disusun dari letaknya & dengan mencoba mengungkapkan interaksi timbal balik pada antara gejala & sifat tadi.

Bernhardus Varenius

Dalam karyanya GEOGRAPHIA GENERALIS, dia membagi geografi sebagai 3, antara lain :
1. Geografi absolute
2. Geografi relative
3. Geografi komparatif
Pada intinya kajian ilmu geografi yang paling primer adalah tentang mengkaji bumi dalam konteks hubungannya yg masih berkaitan menggunakan kehidupan insan.