Perbandingan Susu Kacang Almond Dengan Susu Kedelai

Diantara berbagai macam jenis susu nabati yang populer di pasaran, susu kedelai dan susu kacang almond merupakan jenis susu nabati yang paling banyak diminati dan paling terkenal diantara jenis susu nabati lainnya. Sebelumnya kebanyakan orang hanya mengenal susu kedelai, hingga akhirnya sekitar 2014 lalu susu kacang almond mulai dikenal seiring dengan tren mengkonsumsi makanan mentah (raw food). Susu kedelai memang jauh lebih dulu terkenal dibandingkan dengan susu kacang almond, namun dari segi khasiat banyak yang menganggap susu kacang almond jauh lebih baik dibandingkan susu kedelai.

Secara umum kedua minuman ini mengandung nutrisi yang sama baiknya. Cara mengolahnya pun hampir sama yaitu terbuat dari sari kacang-kacangan. Seriap jenis susu nabati memang dikenal kaya protein dan lemak sehat sehingga bagi mereka yang merasa kurang cocok dengan susu sapi atau dalam masa program diet, susu nabati menjadi pilihan yang tepat sebagai pengganti susu sapi.

Kandungan susu kedelai

Dalam segelas susu kedelai mengandung

54 kalori

0,241 g lemak jenuh

0,793 g lemak tak jenuh ganda

0,396 g lemak tak jenuh tunggal

0 mg kolesterol

4,64 g protein

1,3 g serat

0,52 g gula

57 mg sodium

128 mg kalium

Kelebihan dan kekurangan susu kedelai

Bagi penderita yang intoleran dengan kandungan susu sapi, sangat dianjurkan untuk mengganti kebutuhan susu sapi dengan susu kedelai. Dalam segelas susu kedelai, mengandung sekitar 4 g karbohidrat, sekitar 4-7 gram protein, 4,5 gram lemak dan 0 mg kolesterol. Karena terbuat dari kacang-kacangan, susu kedelai juga mengandung serat yang lebih tinggi dibanding susu sapi yang baik untuk pencernaan. Selain itu susu kedelai juga 9 kali lebih sedikit mengandung lemak jenuh dibandingkan dengan susu sapi dan 10 kali lebih banyak mengandung lemak baik dibandingkan susu sapi.

Selain kandungan protein yang cukup tinggi, susu kedelai juga mengandung isoflavone yang lumayan tinggi. Isoflavone sendiri bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, osteoporosis, penyakit kanker, dan berbagai penyakit lainnya.

Hanya saja, diantara kelebihan yang terdapat di susu kedelai, terdapat beberapa kekurangan diantaranya:

  1. Kandungan kalsium dari susu kedelai lebih sedikit dibandingkan dengan kandungan kalsium dari susu sapi.
  2. Kandungan asam amino susu kedelai hanya seperlima gram dibandingkan dengan susu sapi.
  3. Karena kandungan isoflavone yang cukup tinggi, pria yang mengkonsumsi terlalu banyak susu kedelai dapat mempengaruhi tingkat kesuburan.
  4. Sementara bagi wanita, susu kedelai tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki penyakit kanker payudara.

Kandungan susu kacang almond

Dalam segelas susu kacang almond mengandung

40 kalori

0,275 g lemak jenuh

0,866 g lemak tak jenuh ganda

2,279 g lemak tak jenuh tunggal

0 mg kolesterol

4,64 g protein

1,3 g serat

0,52 g gula

57 mg sodium

128 mg kalium

Kelebihan dan kekurangan susu kacang almond

Sama seperti susu kedelai, susu kacang almond juga direkomendasikan bagi penderita yang intoleran dengan susu sapi atau sekadar untuk melaksanakan program diet. Kandungan non-kolesterol yang terkandung dalam susu kacang almond bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan Vitamin E yang terkandung di dalamnya dinilai mampu memenuhi setengah kebutuhan Vitamin E untuk tubuh, selain sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit kronis seperti kanker, Vitamin E juga dapat membuat kulit lebih cerah alami. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah bahwa, umumnya kandungan protein dan kalsium dalam segelas susu kacang almond lebih sedikit dibandingkan susu sapi, sehingga bagi mereka yang butuh protein dan kalsium yang lebih seperti pada balita dan bayi, susu kedelai tidak dianjurkan sebagai pengganti susu sapi.