Persiapan Palembang sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018

Berbeda dengan Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia, Palembang yang hanya berstatus sebagai salah satu kota besar di negara ini harus melakukan persiapan lebih banyak saat diberi kehormatan sebagai tuan rumah ajang Asian Games Palembang 2018.

Betapa tidak, berbagai venue serta sarana dan prasarana olah raga berstandar internasional belum tersedia di kota ini. Fasilitas-fasilitas olah raga tersebut baru akan dibangun khusus untuk menyambut gelaran Asian Games 2018.

Persiapan Palembang sebagai tuan rumah menghabiskan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Namun pemerintah Sumatera Selatan optimis, dana dan waktu yang dihabiskan setara dengan hasil yang didapatkan. Selain sebagai sarana untuk menarik minat wisatawan, penyediaan berbagai sarana olah raga untuk Asian Games akan menjadi aset daerah yang akan bermanfaat untuk menyambut gelaran olah raga bertaraf nasional dan internasional di masa-masa mendatang.

Persiapan Asian Games 

asian games 2018

Menjelang pembukaan Asian Games yang tidak lama lagi, sejumlah persiapan dan renovasi venue olah raga dinilai telah 99% rampung. Di JSC (Jakabaring Sport City) Palembang, semua bangunan venue sudah rampung, meskipun ada beberapa renovasi kecil yang perlu dilakukan namun secara umum JSC telah siap digunakan untuk ajang Asian Games pada Agustus 2018 mendatang.

Venue olahraga menembak telah hampir rampung, tinggal menunggu instalasi peralatan pertandingan di lokasi yang telah disediakan. Selain itu, danau Jakabaring yang akan digunakan untuk cabang olahraga dayung masih dalam tahap penyelesaian infrastruktur. Nampak tribun penonton yang dapat menampung 3000 kursi di area dayung telah selesai. Kondisi air danau juga menjadi perhatian panitia. Terutama memantau kondisi pH atau keasaman air danau agar layak digunakan oleh para atlet dan tidak beresiko pada kesehatan mereka. Pembersihan danau dilakukan secara berkala demi menjaga kebersihan dan konsistensi pH danau Jakabaring.

Dari 40 cabang olah raga yang akan bertanding di ajang Asian Games, 10 di antaranya akan diselenggarakan di Palembang. Cabang olah raga tersebut adalah sepak bola putri, kayak/kano, dayung, menembak, sepak takraw, tenis/soft-tenis, triathlon dan panjat tebing. Selain sepak bola putri yang diadakan di stadion Bumi Sriwijaya, ke sembilan cabang olah raga lainnya diselenggarakan di JSC.

Persiapan Asian Games di Palembang cukup terbantu dengan telah tersedianya beberapa venue yang sebelumnya sempat digunakan dalam ajang SEA Games pada 2011 lalu. Sehingga anggaran pembangunan yang digunakan dapat ditekan. Hal yang lebih banyak difokuskan adalah pembangunan JSC dan renovasi beberapa venue yang telah dibangun sebelumnya.

Selain pembangunan venue olah raga, persiapan lainnya yang dilakukan oleh pemerintah Palembang adalah penyediaan rusunawa dan rusunami untuk menampung atlet. Ke depannya lokasi ini akan dijadikan semacam perkampungan atlet. Saat ini pembangunan rusunawa dan rusunami tersebut sudah hampir rampung. Hanya dibutuhkan beberapa finishing touch seperti pemasangan lift dan sebagainya.

Diberi kehormatan sebagai tuan rumah Asian Games, adalah sebuah tantangan tersendiri bagi pemerintah provinsi Sumatera Selatan dan pemerintah kota Palembang. Tantangan ini berupa tantangan pembangunan dan renovasi yang harus diselesaikan sesuai target waktu yang ditentukan. Selain itu, kualitas bangunan juga harus memenuhi syarat sebagai bangunan atau venue olah raga bertaraf internasional.

Jika Palembang dapat menunaikan tugasnya sebagai tuan rumah negara-negara Asia dengan baik, maka hal itu akan mendatangkan reputasi yang baik bagi kota tersebut. Dapat meningkatkan minat wisatawan dan dapat mengundang ajang olah raga bertaraf internasional lainnya. Namun jika tugas sebagai tuan rumah Asian Games tidak dijalankan dengan maksimal, maka bukan tidak mungkin hal itu justru akan menjadi boomerang yang akan merugikan pemerintah. Menghabiskan anggaran daerah dan juga merusak reputasi kota. Kita berharap semoga Asian Games Jakarta dan Palembang dapat berlangsung dengan lancar.