Sukses Tanpa Harus Mengeluarkan Banyak Modal

Pernah tahu bagaimana teknik untuk mengawali bisnis tanpa modal banyak? Ahmad Farid , termasuk pengusaha muda yang sukses dari jual bonsai, Salah satu jenis tumbuhan hias yang saat ini banyak digemari oleh para pecinta tanaman hias.

Sekarang Farid mulai memasarkan bonsai dalam bentuk bisnis online yang sudah dijual ke semua wilayah Indonesia, selain jualan bonsai, Farid juga berhasil dalam menjalankan usaha yang lainnya diantaranya jasa sewa mobil solo, jasa angkut barang jogja. Dengan usaha keras sambil membaca kata kata motivasi dari para pengusaha sukses, bisnis nya sukses besar.

Dan kali ini beliau akan sedikit sharing kepada teman-teman semua bagaimana strategi dan tips-triknya usaha tanpa mengeluarkan banyak modal

“Tetap bisa bonsai kok walaupun usaha sedikit modal. Kita bisa mengunakan kepercayaan sahabat atau orang lain selama menjualkan barangnya dengan mengambil terlebih dulu. Atau dengan sistem dropship, di mana kita hanya menjualkan barang orang lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu.” tutur Farid.

Kita ambil contoh jualan baju. Kita bisa menjualkan dagangan baju orang lain dengan menggunakan sistem dropship.

Apabila ada pelanggan, lanjutnya, baju dikirim langsung dari pemilik barang ke alamat pembeli dengan menggunakan atas nama kita , dan Anda tetap memperoleh keuntungannya.

“Setelah dirasa cukup berhasil dalam menjalankan sistem dropship, anda dapat mulai membuat produk anda sendiri dan memasarkan kepada pelanggan kalian. Salah satu keuntungannya adalah kamu tidak perlu repot-repot cari customer karena kalian bisa memasarkan produk mu kepada pelangganmu yang sebelumnya,” tutur Farid.

Inspirasi Panca Indera

Penting diingat, tutur Farid, meski kalian hendak merintis usaha tanpa modal, bukan berarti kemudaian berjualan jadi tidak niat.

Justru, jadikan motivasi menjadi dana utama Anda. Kreativitas desain busana bisa diperoleh dari mana saja. Tetapi, jika menginginkan yang sempurna, sebaiknya bukan melihat hasil buatan orang lain lantaran barang jadi tidak asli.

Farid memberi tips, mungkin saja mengambil mencuri gagasan yang agak “jauh”, misalnya alam, suasana pasar, batu-batuan, dan khayalan sendiri.

Menurutnya, hal ini yang lebih baik, semua ide yang diambil melalui mata, pendengaran atau lainnya, perlu segera dituangkan ke moodboard, lalu disusun sehingga akan membantu kita untuk memvisualkan. Contohnya untuk topik under the sea, kamu bisa memakai warna sungai, bentuk hewan-hewannya, dan sebagai gagasan baju, tutur Farid.

Setelah usai dibuat, penjualan dapat dipilih bisa lewat online atau juga offline. Farid menandaskan, cara ampuh bisnis tanpa uanag yaitu lewat berjualan online. Selain lebih mudah, berjualan dengan cara online juga lebih ekonomis sebab tidak perlu menyewa tempat dan pegawai.

Contohnya seperti jualan cadar, kerudung, sepatu atau lainnya yang dipasarkan di social media, web dan lain sebagainya

Rahasia Bisnis Fashion

Baru-baru ini, Ahmad Farid, mulai terang-terangan soal rahasia berhasil berbisnis pada bidang fashion. Bagaimana itu? Ia mula-mula menjelaskan, disaat seseorang bermaksud berbisnis di bidang fashion, yang pertama harus dipikirkan mungkin orang yang melihat gambar barang kita juga bingung. Akan lebih baik kalau kita mempromosikan produk terbaru per sesi. Misalnya, mengeluarkan session kemeja bulat-bulat,” imbuhnya.

Dengan sistem merilis produk per session, orang akan lebih menyadarinya karena ada konsep. Selain itu juga, orang akan menunggu Kamu agar mempromosikan produk yang baru imbuhnya.

Memakai struktur yang jelas seperti ini, imbuhnya Farid, bisnis akan jadi sangat bagus. Foto-foto pakaian yang ditaruh secara online di internet jadi dilihat sangat rapi dan memiliki tema yang sama.

Orang yang melihat akan mulai pikir bahwa online shop kita mempunyai daya tarik atau selera. Membuat, harga dagangan kita jadi lebih bersaing karena Anda memilih produk yang bisa dipasarkan, tidak asal pilih, tambahnya.

Pasalnya, ia menambahkan, trik luar biasa usaha baju yakni dengan tahu nilai baget yang dihabiskan calon pembeli untuk modal berbelanja fashion dalam kurun satu bulan.

Untuk melihat peluang pasar. Lalu, gimana mengenai modal? Pengusaha brand fashion pengantin muslim Gigih n Farid La Perle ini mengungkapkan, bisnis yang bagus yakni bisnis yang memulainya dari nol. Keuntungan yang didapat diputarkan lagi dalam modal sehingga bisnis akan bisa berkembang dan mengakar dengan kuat.

Bedakan mereka yang sejak pertama menanamkan modal besar. Dia punya kewajiban untuk mengembalikan modal besar itu, dan kurun waktu yang diperlukan nantinya bisa lebih lama, tandas Farid.

Meski dalam modal terbatas, produk yang dijual harus punya kelebihan. Untuk memikirkan kekurangan modal, Gigih dan Farid yang pernah menggelar fashion show di kota Paris memberi tips barang yang dijual memiliki beberapa tipe juga warna sekalipun.

Contohnya, menyiapkan 10 model, tetapi setiap jenis cuma dipasarkan 3 jenis. Ini sekaligus untuk melihat pasar.

Dengan begitu, usaha kita akan semakin bervariasi. Bila perlu, buat saja semua pakaian, dalam ukuran all size pada awalnya, untuk mengetahui minat pasar. Jika ada order UK beda, dapat dicatat berapa banyak permintaan jumlahnya. Mana yang lebih banyak diminta, lalulah dibikin lebih besar, imbuhnya membagi tips sukses berbisnis fashion.